2 Bangunan unik di Indonesia yang banyak dikunjungi turis mancanegara ada di Jogja

2 Bangunan unik di Indonesia yang banyak dikunjungi turis mancanegara ada di Jogja
Oktober 25, 2020 No Comments obyek wisata, Rental Motor Jogja, cintajogja.com, Sewa motor murah jogjakarta Lintang

Kerajaan yang pernah ada di wilayah Indonesia pada zaman dahulu, telah meninggalkan banyak sejarah. Salah satunya yaitu bangunan-bangunan yang biasa kita sebut dengan candi. Hampir sebagian besar wilayah-wilayah yang menjadi bagian dari Indonesia merupakan kerajaan-kerajaan besar.

Diantara kerajaan-kerajaan besar tersebut terdapat 2 bangunan candi besar. Hingga sekarang candi tersebut dijadikan sebagai obyek wisata favorit yang sering dikunjungi para turis mancanegara. Bahkan candi ini pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, hmmm luar biasa..

1. Candi Borobudur

Taman Wisata Candi Borobudur
Taman Wisata Candi Borobudur

Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Meskipun letaknya di Magelang, Candi Borobudur bisa dijangkau dalam 1,5 jam saja dengan kendaraan pribadi/sewaan dari pusat Kota Jogja. Transportasi Umum ke Borobudur juga tersedia.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan (2019)
Rp50.000 (dewasa)
Rp25.000 (anak-anak)
USD 25 (wisatawan mancanegara)

Jam Buka Candi Borobudur
Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB

Baca juga  23 Obyek Wisata Seru nan Mempesona yang bisa disinggahi setelah anda turun dari bandara YIA kulonprogo

Dan selain tiket masuk kita juga akan dikenakan biaya parkir 2-5rb rupiah untuk yang membawa kendaraan pribadi.

Selain melihat kemegahan Candi Borobudur. Hal yang menarik disini adalah jika kita sudah masuk di kawasan bangunan candi, ada sebuah tantangan kecil yang disebut dengan Kunto Bimo.

Kunto Bimo adalah sebuah mitos yang dipercaya masyarakat sekitar candi Borobudur yang mengatakan bahwa siapa saja yang merogoh ke dalam sebuah stupa berongga (berterawang) dan dapat menyentuh bagian tertentu dari tubuh arca Buddha yang ada di dalamnya maka ia akan mendapatkan keberuntungan atau terkabul keinginannya.

Kunto bimo
Kunto Bimo

Gimana mau coba gaess…?! jika kalian ingin berwisata di jogja, wajib deh datang ke candi Borobudur bagi yang belum pernah.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Taman wisata Candi Prambanan

Candi yang terletak Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman ini juga terkadang disebut Candi Roro Jonggrang.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan (pertengahan abad ke-9) dari Kerajaan Mataram Kuno.

Baca juga  Kemegahan Jogja Bay Water Park, Wisata air terbesar dijogja dan Wahana Ekstrimnya

Namun, oleh sebab yang masih misterius, pusat kerajaan pindah ke Jawa Timur di akhir abad ke-10. Candi yang megah ini pun terbengkalai dan sebagian tertimbun material letusan Gunung Merapi. Perlahan-lahan, wilayah Prambanan menjadi hutan lebat.

Beratus-ratus tahun kemudian barulah reruntuhan candi ini ditemukan kembali. Pada saat itu belum diketahui sejarah candi ini sehingga terciptalah legenda Roro Jonggrang yang diceritakan turun temurun.

Jam Buka Candi Prambanan
Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan (2019)
Rp50.000 (dewasa)
Rp25.000 (anak-anak)
USD 25 (wisatawan mancanegara)

Selain melihat kemegahan candi Prambanan, kita juga bisa menikmati sendra tari Ramayana. Yaitu adalah sebuah pertunjukan tari yang menceritakan tentang kisah Ramayana.

Jika kalian ingin menyaksikan Sendratari Ramayana kalian bisa cek disini.

Tags
About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: