31 wisata alam baru dan tersembunyi dijogja yang murahnya maksimal

31 wisata alam baru dan tersembunyi dijogja yang murahnya maksimal
Mei 4, 2020 No Comments Uncategorized Lintang

Wisata Alam merupakan salah satu jenis wisata yang paling banyak dicari pengunjung. Mereka menawarkan keindahan alam, pemandangan hijau, dan sejuknya kabut dari ketinggian. Berikut wisata alam di jogja yang murah meriah dan belum diketahui banyak orang.

1. Wisata Alam Ledhok Botan

Taman ini berlokasi di dusun wedomartani, ngemplak, sleman, yogyakarta. Walaupun masih dalam proses pembangunan, obyek wisata mini ini tidak sedikit sudah sering dikunjungi wisatawan lokal. karena selain murah, tempat ini cukup menghibur dan aman bagi orang tua yang mengajak anak-anak mereka. akan tetapi bagi mereka yang ingin sekedar bersantai dan menenangkan pikiran, tempat ini cukup bisa menjadi obatnya. pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000 untuk masuk kesini.

2. Wisata Alam Lava Bantal

Wisata Alam Lava Bantal
Obyek wisata Lava Bantal berada di Jl. Berbah – Prambanan, Karangan, Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman. Lokasinya lebih dekat dengan bandara Adisutjipto dibandingkan dengan Kota Jogja. Namun, akses menuju lokasi dari Kota Jogja sudah memadai baik menggunakan kendaraan menengah hingga bus pariwisata. pengunjung hanya dikenakan biaya parkir yang berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Sedangkan biaya lainnya adalah untuk menikmati wahana tubing. Biayanya sebesar Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

3. Wisata Alam Kaliadem

wisata alam kaliadem
Kaliadem berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. sikitar ±27 km utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini memiliki udara sejuk dan memiliki banyak keindahan dan keunikan alam. Keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi gunung dan lembahnya, hutan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna serta kondisi sosial budaya yang unik merupakan potensi yang sangat besar untuk kegiatan wisata alam.  Harga tiket masuk Bunker Kaliadem sebesar Rp 10.000,00/ orang. Biaya parkir Rp 5.000,00/ motor dan Rp 10.000,00/ mobil.

4. Goa Jepang Kaliurang

Goa jepang kaliurang
Goa jepang berada di kawasan wisata Kaliurang. Goa ini merupakan salah satu goa buatan peninggalan di masa penjajahan Jepang. terletak di Bukit Plawangan ini mempunyai 25 goa buatan yang satu sama lain memiliki ruang penghubung masing-masing. Sebelum menuju goa ini, dari pintu masuk Nirmolo, pengunjung harus berjalan sekitar hampir sejam, melalui jalan setapak terlebih dahulu. Dari atas bukit plawangan, pengunjung bisa menikmati pesona Merapi yang begitu tampak jelas. Tiket masuknya hanya Rp 10.000. Parkir Motor Rp 2.000 kemudian Parkir Mobil Rp 10.000.

5. Wisata Alam desa mbah marijan – lava tour Merapi

Wisata Alam desa mbah marijan - lava tour Merapi
Masih dikawasan Merapi. Wisata Desa Mbah Marijan, yang dari sini biasanya kita bisa menaiki jeep lava tour Merapi. Kita akan di ajak berkeliling dengan menggunakan jeep yang bisa kita sewa menikmati keindahan alam dari setiap sudut Merapi. Setiap jeep bisa untuk muatan 4 orang, Dengan kita patungan dengan teman kita untuk menyewa, tentu biayanya juga menjadi murah terjangkau. Dengan durasi waktu kurang lebih satu jam. Biaya masuk gratis, kita hanya akan membayar ketika kita akan naik jeep lava tour saja.

6. The Lost World Castle Kaliurang

The Lost World Castle Kaliurang
Salah satu obyek wisata di kawasan lereng Gunung Merapi yang terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo Cangkringan, Sleman, DIY. Obyek wisata ini dibangun menyerupai Benteng Takeshi dan dibangun di atas lahan 1,3 hektare pada tahun 2016. Merupakan tempat wisata edukasi untuk pengunjungnya, tetapi pembangunan belum selesai sepenuhnya. tiket masuk Rp 25.000. Jika kalian penasaran ingin mencoba berwisata ke tempat ini, sebaiknya kalian berkunjungi ke tempat ini secepatnya, sebelum tempat ini menjadi sangat ramai pengunjungnya bahkan tiketnya juga mungkin bisa naik drastis.

7. Wisata Alami Blue lagoon

Wisata Alami Blue lagoon
Lokasinya berada di Desa Dalem, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Sekitar setengah jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Rekomendasi yang tepat bagi yang mencari pemandian alam dengan air yang sangat jernih dan panorama yang menakjubkan. Dikarenakan airnya yang jernih dan kebiru-biruan inilah sehingga tempat ini diberi nama blue lagoon. tiket masuk Rp10.000/orang dan biaya parkir Rp2.000/motor.

8. Pemandian Alami Umbul Pajangan Sleman

Pemandian Alami Umbul Pajangan Sleman
Umbul Pajangan berlokasi di timur Jl Kaliurang Km 9. Lokasinya berada di Jl Umbul Pajangan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Jika Blue Lagoon terbentuk secara alami di sungai, Umbul Pajangan berbentuk kolam renang bekas bangunan. Airnya jernih hingga dasarnya kelihatan dari atas. Bahkan, jika pengunjung membawa kamera underwater, sumber airnya bisa dilihat dan diabadikan di kedalaman sekitar 1,5-2 meter. Bagi anda yang ungin berwisata murah-meriah, apalagi backpacker, tempat ini cocok untuk anda. Karena pengunjung tidak ditarik retribusi alias gratis. Cukup dengan membayar parkir sebesar Rp 2.000.

9. Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul
Air Terjun Lepo adalah pemandian alami dengan air jernih kebiruan. Lokasi terletak di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul.Kamu bisa mandi sepuasnya di kolam bawah air terjunnya. Airnya begitu segar, mengalir di antara bebatuan. Dijamin bisa melepaskan penat setelah aktivitas seharian. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya begitu menakjubkan yang terdiri dari beberapa tingkatan.Untuk sampai lokasi memakan waktu 1 jam perjalanan atau memakan jarak tempuh sekitar 28 kilometer dari pusat kota Jogja. Utuk tiket masuknya, kamu cukup bayar seikhlasnya, sedangkan untuk parkir Rp2.000/motor dan Rp10.000/mobil.

10. Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul
Terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi sungai OYO sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. Jika di musim kemarau, air sungai akan sangat jernih berwana kehijauan dan tenang. Untuk menggunakan rakit anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000. Atau gratis jika anda mau berjalan menyusuri pinggir sungai hingga sampai di Air terjun, yang bisa ditempuh kurang lebih selama 40menit.

11. Air terjun Kedung Pedut Kulonprogo

Berlokasi Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dengan pemandangan yang begitu alami. Hawanya yang sangat sejuk membuat kamu ingin sekalian berenang di salah satu pemandian alami di Jogja ini. Mengunjungi air terjun ini akan memberikan kamu ketenangan dan kenyamanan. Tubuh pun akan lebih segar setelah liburan ke tempat ini. Tiket masuk Rp3.000, biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

12. Sendang Ngembel Bantul

Sendang Ngembel Bantul
Berlokasi si Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Beji Wetan, Sendangsari, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Sendang Ngembel berwarna jernih kehijauan. Meski tidak untuk mandi, pengunjung yang datang bisa duduk-duduk dan bersantai di gazebo-gazebo yang mengelilingi sendang sambil berfoto-foto. Tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi foto prewedding, tinggal mencari sudut yang pas saja. Menjadi murah meriah karena pengunjung yang datang tidak dipungut biaya. Cukup dengan membayar parkir kendaraan,

4 Air terjun kecil/Curug yang terletak dalam satu lokasi, Begitu indah dan menakjubkan.

13. Curug Glimpang Kulonprogo

Berlokasi di dusun Gowok, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Curuk Kedung Ratmi Kulonprogo

Curuk Kedung Ratmi Kulonprogo
Berlokasi di dusun Gowok, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Curug Kedung Bendo Kulonprogo

Curug Kedung Bendo Kulonprogo
Berlokasi di dusun Gowok, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

16. Curug Kedung Gandu Kulonprogo

Curug Kedung Gandu Kulonprogo
Berlokasi di dusun Gowok, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keempat air terjun/curug di atas yaitu Curug Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Bendo, dan curug Gandu terletak berdekatan, yang masih dalam satu aliran sungai. Untuk menjangkau tempat satu ke lainnya cukup hanya dengan menyusuri sungai. Tentu saja disana anda bisa bermain air, mandi atau sekedar bersantai sambil menikmati panorama dan sejuknya udara disana. Air yang sangat jernih dan suara gemercik airnya membuat otak kita kembali fresh.

Baca juga  Rental motor Antar Jemput Bandara di jogja

Keempat air terjun kecil/curug tersebut masih terus dilakukan banyak pengembangan dan fasilitas yang diberikan guna mendukung obyek wisata ini agar semakin menarik dan menunjang kenyamanan pengunjung. Tanpa mengurangi keindahan dan keasrian Alamnya.

17. Air terjun Kembang Soka Kulonprogo

Air terjun Kembang soka Kulonprogo
Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Airnya yang berwarna hijau tosca membuat pemandian alami di Jogja ini begitu cantik. Ini didapat dari bebatuan tempat aliran air yang ditumbungi tumbuhan hijau, ditambah kilauan cahaya matahari. Yang mana juga disekelilingnya ditumbuhi pepohonan yang membuat sejuk udara. Walaupun kamu memutuskan untuk tidak mandi, kamu tetap disajikan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

18. Laguna Wedi Ombo Gunungkidul

Berlokasi di Pantai Wedi Ombo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. kolam alami atau wisatawan sering menyebutnya laguna yang bisa digunakan para wisatawan untuk berenang. Kolam ini berada di pinggir pantai yang dipisahkan oleh batu karang. Laguna ini terbentuk akibat air laut yang terperangkap di cekungan batu karang saat ombak tinggi menerjang jajaran karang di Wediombo. Laguna Wediombo memiliki kedalaman kurang lebih satu setengah meter. Tempat ini menjadi spot favorit saat wisatawan mengunjungi pantai ini

Wisata Curug dan Air Terjun memang menjadi cirikhas obyek wisata di Kulonprogo

Kulon Progo merupakan daerah yang dialiri sungai besar yaitu kali progo. Tak salah jika di kabupaten ini banyak sekali curug-curug alami yang terbentuk. Untuk kalian yang menyukai wisata air, kulonprogo bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata anda.

Baca juga  Rental Motor dekat STASIUN TUGU

Selain beberapa curug dan air terjun yang telah saya sebutkan di atas, berikut ini masih banyak curug dan air terjun yang ada di jogja, hampir semua bisa digunakan untuk berenang atau sekedar menikmati panorama dan sejuknya udara.

19. Taman Sungai Mudal Kulonprogo

Taman Sungai Mudal Kulonprogo
Berlokasi di Dusun Banyunganti, Ds. Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. sekitar 1 setengah jam perjalanan jika dari pusat kota Jogja (Jaraknya kurang lebih 40km). Objek wisata ini mempunyai pesona alam yang sangat mempesona dan memukau, setiap sudut disana bisa dijadikan spot foto yang Instagramable. Salah satu spot hits di Kulon Progo ini harus kamu masukan ke dalam daftar tujuan wisatamu di Jogja. Murah meriah, karena Tiket masuknya gratis. Sedangkan untuk parkir Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor.

20. Curug Pulosari Bantul

Curog Pulosari Bantul
Berlokasi di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curog ini akan lebih deras saat musim penghujan. Airnya sangat jernih membuat anda akan tergoda untuk mandi dan berenang di sana. pasto segar sekali. Tidak ada tiket masuk alias gratis. cukup membayat parkit motor/mobil anda saja.

21. Curug Siluwok Kulonprogo

Curug Siluwok Kulonprogo
Berlokasi di Jl.Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Tukmudal, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. dari tempat parkir berkisar antara 15 – 20 menit. Saat sampai di curug, Anda bisa melihat tingginya air terjun yang berkisar 20-an meter. Menariknya, Anda yang ingin mandi dicurug tersebut jangan terlalu dekat dengan hilir air terjun ya karena lumayan dalam, namun disekitarnya, airnya hanya setinggi dada orang dewasa, cukup aman buat Anda yang belum lihai berenang

22. Air terjun Watu Jengger Kulonprogo

Air terjun Watu Jengger Kulonprogo
Berlokasi di Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Tanjung, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. sangat cocok sekali apabila Anda mengajak keluarga. Selain menikmati air terjun dengan ketinggian 7 meter, Anda juga bisa berenang menikmati segarnya air Kulonprogo, Yogyakarta.Air Terjun Watu Jengger berada di kawasan pegunungan dengan hutan lebat di sekitarnya

23. Curug sigembor Kulonprogo

Curug sigembor Kulonprogo
Berlokasi di Dusun Banyunganti Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta. Meskipun berada dekat dengan jalan, curug yang berada di perbukitan Menoreh tersebut sering terlewati karena tidak terlihat, tertutup oleh rerimbunan pohon di sekelilingnya.

24. Curug Cibiru Kulonprogo

Curug Cibiru Kulonprogo
Berlokasi di Kemesu, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pas untuk kalian yang ingin mencari suasana yang hening dan jauh dari kebisingan, air yang sangat biru dan jernih, kicau burung, udata yang menyejukkan, semuanya tersaji dintempat ini. menciptakan ketenangan dan kedamaian.

25. Curug Watu Jonggol Kulonprogo

Curug Watu Jonggol Kulonprogo
Berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air jernih dan udaranya yang cukup sejuk membuat tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan berlibur bagi Anda bersama sahabat dan keluarga. Jarak dari kota Jogja sekitar 40an km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 – 2 jam tergantung laju kendaraan dan lalu lintas selama diperjalanan.

26. Curug Kalimiri Kulonprogo

Berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ait terjun ini berada cukup tersembunyi. dan masih dalam kawasan curug kembang soka. Keindahannya akan nampak maksimal jika wisatawan mengunjunginya pada saat musim hujan

27. Air terjun Goa Kebon Kulonprogo

Air terjun Goa Kebon Kulonprogo
Berlokasi di Dukuh VII, Krembangan, Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dalam air terjun ini terdapat sebuah gua yang konon digunakan Kiai Abdul untuk mengajar murid-muridnya, sehingga disebut Goa Kebon atau gua dimana didekatnya ada lahan yang bisa ditanami. seperti sebagian besar curug-curug lainnya. untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya masuk. Anda cukup hanya membayar parkir motor/mobil anda.

28. Curug Setawing Kulonprogo

Curug Setawing Kulonprogo
Berlokasi di Desa Jatimulyo kec. Girimulyo Kulonprogo. Lokasi air terjun sangat mudah ditemuka. Jika anda dari arah Yogyakarta, lewat saja Jl Godean dan lurus ke barat hingga sampai di Pasar Jonggrangan. Lalu perhatikan papan petunjuk arah sepanjang jalan Godean tersebut, pasti anda akan sampai ditujun. Seperti halnya sebagian curug-curug yang ada, saat musim penghujan tiba, debit air terjun semakin deras. Dan ini menjadi keindahan tersendiri serta daya tarik bagi penikmat wisata alam sesampainya di curug setawing ini.

29. Curug Sedhuwagang Kulonprogo

Curug Sedhuwagang Kulonprogo
Berlokasi di Desa Teganing, Kokap, Kulonprogo. Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti halnya di sebagian curug-curug yang ada. Obyek ini menawarkan suasana yang sejuk dan tenang dengan pemandangan alam yang masih asri serta air yang masih sangat jernih. Dan kalo sudah sampai di curug ini, maupun di curug-curug lainya, bawaannya pingin nyeburr aja. Disini cocok untuk berfoto-foto ria, karena telah dibuat jembatan dan gasebo disana.

30. Wisata Watu Amben Piyungan

Wisata Watu Amben Piyungan
Berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tempat ini terdapat batu yang sangat besar. Untuk sampai ketempat ini aksesnya sangat mudah. Anda bisa menggunakan sepeda, motor atau bahkan mobil dan juga kendaraan besar lainnya. Tempat ini merupakan wilayah pegunungan kecil, yang menawarkan keindahan pemandangan dari ketinggian. sangat mempesona dan begitu menakjubkan. Tempat ini juga tidak memungut biaya masuk. Disini juga disediakan gazebo, kamar mandi dan kantin.

31. Wisata Kali Gawe & Pasar Kebon Empring

Wisata Kali Gawe & Pasar Kebon Empring
Berlokasi di Jl. Wonosari Jl Dusun Bintaran Wetan, Bantaran Wetan, Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini menyajikan wisata air yaitu kali gawe, dan di atas pinggiran kali terdapat pasar kebon empring yang menyediakan berbagai macam kuliner. Sambil bermain air, anda bisa memesan makanan yang tersedia.

Itulah 31 Wisata Alam yang murah meriah dan belum banyak diketahui orang. Untuk menuju ke lokasi ini akses nya sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.

Baca juga  Ingin sewa motor di jogja di musim liburan?! ini cara booking yang aman

Bagi anda wisatawan dari luar jogja yang tidak membawa kendaraan pribadi, kami sarankan untuk menyewa motor. Dengan menyewa motor liburan anda akan lebih feksibel, lebih memuaskan. mampu menjangkau lebih banyak tempat wisata di jogja.

Info mengenai sewa motor jogja anda bisa hubungi cintajogja rental motor di nomor 082131444668/085729237980. Harga mulai dari 60rb/hari sudah bisa keliling jogja 24 jam penuh. di cintajogja rental motor juga memberikan diskon sewa hingga 10%. Anda bisa buktikan sendiri…

Info lebih lengkap di website cintajogja.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: