6 tips wisata sehari di Jogja menjadi efektif, efisien, tetapi tetap memuaskan dan menyenangkan

6 tips wisata sehari di Jogja menjadi efektif, efisien, tetapi tetap memuaskan dan menyenangkan
September 1, 2019 No Comments Uncategorized Lintang

Rencanakan liburan wisata anda di jogja dengan sebaik-baiknya. Ketika waktu yang anda miliki untuk berlibur itu panjang, tentunya anda tidak perlu khawatir obyek wisata mana dulu yang harus anda kunjungi. akan tetapi bagaimana jika kita hanya memiliki waktu sehari untuk berlibur dan berwisata dijogja. Berikut ini kami berikan tips wisata sehari anda dijogja menjadi efektif, efisien, menjangkau banyak obyek wisata yang indah. dan membuat liburan anda tetap memuaskan dan menyenangkan.

1. Persiapkan bekal anda sebelum berangkat

Sebelum anda berangkat menuju lokasi-lokasi wisata di jogja. persiapkan bekal anda seperti makanan kecil, minuman(utamakan air mineral), dan lain-lain yang mungkin anda perlukan selama diperjalanan maupun setelah sampai ditujuan. dengan begitu anda tidak perlu banyak berhenti dijalan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan tersebut, yang akan menyita waktu anda.

bekal makanan dan minuman

2. Tentukan satu obyek wisata yang anda prioritaskan ingin anda kunjungi

Wisata mana yang sangat ingin anda kunjungi dijogja? jadikanlah itu tujuan utama anda. bisa pantai, pegunungan, candi, bangunan bersejarah lainnya, ataupun wisata terbaru yang lagi ngehitz di jogja. baru setelah mengunjungi obyek wisata yang anda prioritaskan itu, anda bisa menuju ke obyek wisata lainnya.

Baca juga  Ini dia simbahnya wisata pantai di jogja (3)
obyek wisata yang ngehit (candi ratu boko
obyek wisata yang ngehit (candi ratu boko)

3. Kunjungi obyek wisata yang masih dalam satu jalur

Jika anda tidak ingin menghabiskan waktu diperjalanan, maka kunjungilah obyek wisata yang masih dalam satu jalur. misalnya saja jika anda ingin berwisata di salah satu pantai gunung kidul, maka yang sejalur dengan itu adalah seperti goa pindul, air terjun sri getuk dan lain-lain. anda juga bisa memanfaatkan google maps yang ada di HP untuk mengetahui jalur-jalurnya. termasuk jika anda merencanakan untuk makan siang, carilah lokasi yang terdekat dengan obyek wisata yang anda kunjungi. kecuali jika anda juga merencanakan wisata kuliner, sesuaikanlah waktunya dengan seksama.

air terjun sri gethuk
air terjun sri gethuk

4. Pilih salah satu lokasi saja untuk jenis wisata alam dengan view yang mirip/sama

Pada dasarnya obyek wisata di jogja ada 3 jenis :

  • obyek wisata alam (hutan, pegunungan)
  • obyek wisata pantai
  • obyek wisata buatan (candi, bangunan bersejarah, wisata kuliner, kebun binatang dll)

Kami berikan contoh disini yang pemandangannya hampir mirip adalah seperti :

1. Pantai parangtritis dengan pantai samas

Pantai Samas dan Parangtritis Yogyakarta
pantai parangtritis
pantai samas

2. Pantai goa cemara dengan pantai baru

Pantai Goa Cemara Yogyakarta
pantai goa cemara
fasilitas di pantai goa cemara
fasilitas di pantai goa cemara
Pantai Baru Yogyakarta
pantai baru
fasilitas di pantai baru
fasilitas di pantai baru

3. Kaliurang dengan kaliadem

Wisata Kaliurang Yogyakarta
kaliurang
Wisata Kaliadem Yogyakarta
kaliadem

Dan masih banyak lagi contoh-contoh lain. Dari foto-foto itu, anda bisa melihat kesamaan yang ada di obyek-obyek wisata tersebut, yang membedakan hanyalah pada fasilitasnya. Untuk contoh nomor 1 dan 2 adalah merupakan beberapa obyek wisata pantai di daerah kabupaten bantul yang semuanya berpasir hitam, memiliki ombak besar, palung-palung laut yang dalam dan berbahaya apabila kita tidak berhati-hati dan berenang terlalu jauh.

Baca juga  Rental motor Antar Jemput Hotel jogja

Sedangkan untuk contoh ketiga adalah merupakan obyek wisata alam yang berada di sekitar lereng merapi wilayah kabupaten sleman, yang menawarkan pemandangan alam gunung merapi itu sendiri.

Dari penjelasan tersebut diatas, saya menyarankan agar anda memilih salah satunya saja. sehingga anda dapat memanfaatkan waktu yang singkat anda untuk menjangkau tempat lain yang memiliki nuansa dan pemandangan berbeda. sehingga menjadikan wisata anda dijogja lebih berwarna.

5. Tujulah obyek wisata yang tidak jauh dari lokasi anda menginap

Dengan mengunjungi tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari tempat anda menginap, tentunya akan menyingkat waktu anda, sehingga anda dapat menggapai lebih banyak obyek wisata. misalnya saja anda menginap di hotel daerah kalasan sleman yogyakarta. maka obyek wisata yang berada diwilayah itu adalah seperti candi prambanan, tebing breksi, bukit bintang dan lain-lain. Adapun jika anda ingin pergi kepantai, itu tidak masalah. Anda bisa menjadikan obyek wisata tersebut untuk tujuan kedua/ketiga dan seterusnya.

Baca juga  Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) beroperasi, Bagaimana nasib sewa motor jogja dekat bandara adisucipto?
tebing breksi

6. Gunakan transportasi yang simple dan fleksibel

Satu lagi yang tak kalah penting adalah transportasi yang akan anda gunakan untuk berwisata. pilihlah transportasi yang simple dan fleksibel, yaitu dengan menggunakan sepeda motor. dengan motor anda bisa lebih cepat untuk sampai tujuan, lebih mudah menghindari kemacetan dan juga bisa menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dilewati oleh mobil dan sejenisnya.

Jika anda seorang pengunjung/wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menyewa motor di Rental motor jogja. selain itu harga sewa motor juga sangat terjangkau, mulai dari 60rb/hari anda sudah bisa bepergian menjelajah kota jogja dan tempat wisata yang ada selama seharian penuh. syarat-syarat untuk menyewa motor pun juga sangat mudah, anda bisa mencoba menyewa di cinta jogja rental motor dengan mengunjungi situsnya di cintajogja.com

cinta jogja rental motor
cinta jogja rental motor

itulah beberapa tips agar wisata sehari anda di Jogja menjadi efektif, efisien, tetapi tetap memuaskan dan menyenangkan. silahkan dicoba dan rasakan hasilnya. dijamin tok cerrr…..🌝

Tags
About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: