Sampai Kapan Sewa Motor Jogja Bertahan DiMasa Pandemi Covid-19

Sampai Kapan Sewa Motor Jogja Bertahan DiMasa Pandemi Covid-19
Juli 11, 2020 No Comments Rental Motor Jogja, cintajogja.com, Sewa motor murah jogjakarta, Uncategorized Lintang
sewa motor jogja bertahan dalam masa pandemi
cintajogja.com

Sudah sekitar 4 bulan ini jasa rental kendaraan di Jogja dalam kondisi tidak menguntungkan sejak adanya Pandemi Covid-19. Hal itu terjadi karena tempat-tempat wisata yang belum di buka, sehingga otomatis para pengguna jasa mereka pun ikut sepi. Lalu, sampai kapan sewa motor jogja bisa bertahan dimasa pandemi yang masih berlangsung ini.

Segmen pasar mereka sebagian merupakan wisatawan dari luar jogja dan beberapa mahasiswa luar jogja. Akses transportasi antar kota baik itu pesawat, kereta api dan angkutan umum lainnya sampai saat ini juga belum beroperasi sepenuhnya. Hal ini membuat sektor pariwisata lumpuh. Bahkan pelanggan dari segmen mahasiswa pun juga bisa dibilang tidak ada karena kuliah masih di liburkan.

Saat ini sewa motor jogja hanya bisa pasrah dengan tabungan yang mereka miliki. Yang mungkin hanya bisa bertahan sampai 1-2 bulan lagi. Setelah itu mereka tak tahu lagi harus bagaimana. Mungkin mereka hanya bisa berharap maksimal di akhir tahun ini, pandemi covid-19 ini sudah berakhir tuntas.

Baca juga  Wisata Panorama Eling Bening, awas ada Naganya loh..

Sementara itu di Jogjakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, hidup mengisolasi diri secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi ekonomi. Oleh karena itu, perlu pelonggaran aturan agar ekonomi bisa bergerak lagi. Untuk itu perlakuan new normal harus dikompromikan.

Kapan pariwisata di Jogja dibuka kembali?

Pantai Indrayanti

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo mengatakan, pariwisata DIY siap menyambut new normal pada awal Juli 2020.

Singgih menerangkan bahwa hingga saat ini, Yogyakarta sudah menyiapkan protokol kesehatan yaitu Standar Operasional Protokol (SOP) untuk tempat wisata dan restoran.

“Selama pandemi ini kami tidak hanya diam, bulan Mei lalu kami lakukan juga persiapan jika seandainya kemudian pemerintah pusat sudah mengizinkan untuk membuka kembali pariwisata maka kami mempersiapkan diri dengan menambahkan fasilitas kesehatan dan kebersihan di tempat wisata,” kata Singgih dalam Live Streaming “Sosialisasi Kenormalan Baru Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”, Sabtu (20/6/2020).

Dalam seminggu terakhir, kata dia, pariwisata Yogyakarta juga tengah melakukan simulasi untuk memastikan SOP dan kesiapan destinasi wisata.

Baca juga  Warung Kebon Kalasan, tempat singgah baru para bikers

Selanjutnya, minggu depan, pihaknya masih akan terus melakukan simulasi. Akhir minggu nanti, kata Singgih, akan dilakukan ujicoba secara terbatas.

“Kita siap-siap awal Juli kita sudah memasuki new normal tentunya dengan segala persiapan yang telah disiapkan. Semoga nanti kita bisa buka pariwisata bertahap, jadi tidak semuanya, ada jam operasional, kapasitas 50 persen,” tambahnya.

Pariwisata Yogyakarta juga telah menyiapkan fasilitas tracing bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Singgih menuturkan masyarakat harus melakukan reservasi online terlebih dahulu jika ingin mengunjungi tempat wisata.

“Sehingga ini dapat memastikan apabila terjadi sesuatu kita dapat lakukan tracing secara mudah,” pungkasnya.

Dengan Rencana pemerintah menerapkan new normal ini, diharapkan sewa motor jogja bertahan dimasa pandemi ini.

Tags
About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: